Mengapa Service AC Perlu Dilakukan Secara Rutin?



Service AC - Mengapa AC perlu untuk diservice secara rutin? Untuk menemukan jawabanya, simak ulasan berikut.
AC membutuhkan perawatan yang intensif layaknya perangkat motor lainya, terlebih AC juga membutuhkan ruang udara yang khusus agar sirkulasi yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Berikut perangkat AC yang membutuhkan udara yang cukup :




1. Evaporator


Alat atau komponen ini berfungsi sebagai perangkat untuk mendistribusikan pendinginan terhadap ruangan, sehingga komponen ini  membutuhkan ruang atau celah yang cukup pada setiap kisi kisinya. Apabila komponen ini kotor, banyak debu atau kotoran yang menempel maka pendistribusian hawa dingin di dalam ruangan tidak akan bisa berjalan maksimal sesuai dengan kapasitas yang normal dari satu unit AC, maka dibutuhkan pembersihan evarator minimal 1 kali dalam setiap tiga bulan sehingga pendinginan AC dapat menjadi sempurna tanpa terhalang oleh kotoran yang menempel padanya.

2. Kondensor


Komponen  ini memiliki fungsi sebagai sarana untuk merubah gas freon dari liquid menjadi gas dan sebaliknya, sehingga membutuhkan suhu panas tertentu untuk menjaga agar kinerja kompresor tetap stabil. Untuk memaksimalkan fungsi Kondensor maka diperlukan pemeliharaan dan pengontrolan minimal 1 kali dalam setiap 3 bulan untuk memastikan apakah kondensor berfungsi normal sesuai dengan kapasitanya.
Untuk mensuplai ruang udara yang cukup dan memastikan kondisi kedua komponen tersebut berfungsi normal atau tidak  maka harus ada carauntuk bisa merawatnya yaitu dengan membersihkan kisi kisi yang ada pada Evaporator maupun kondensor, yang disebut dalam istilah kita sehari-hari "service AC" atau mencuci minimal 1 kali dalam 3 bulan. Karena service terbukti berguna untuk menjaga kedua komponen ac ini agar tetap berjalan semestinya yang berakibat baik diantaranya :


1. Masa Pakai  AC yang rutin dirawat akan lebih panjang

Dengan perawatan AC secara rutin yang ditangani oleh ahlinya maka AC anda akan berfungsi dengan baik sepanjang pemakaiaan. Apabila terjadi keseimbangan diantara semua elemen atau komponen AC anda maka dijamin AC anda akan awet dan tidak sering-sering mengalami gangguan atau kerusakan dan juga sebaliknya jika salah satu komponen tidak bekerja maksimal maka lama-kelamaan akan mengakibatkan komponen lain juga tidak maksimal dalam fungsinya.

2. Udara Menjadi Bersih

Sirkulasi udara yang didistribusikan oleh AC selain dingin juga akan steril dari kuman dan bakteri, sehingga Ruangan anda akan terjamin kebersihan dan kesehatan menggunakan AC tersebut. Ruangan yang menggunakan AC tentunya harus Rapat tanpa ada sirkulasi udara keluar, karena supaya suhu pada ruangan akan tetap terjaga sesuai yang kita inginkan. Perlu kita ketahui bahwa udara dingin yang terdapat dalam ruangan ber-AC bukanlah sirkulasi udara dari outdoor ke indoor melalui pipa, hal ini adalah persepsi yang tidak benar. Udara dingin yang terdapat pada ruangan hanyalah udara yang berada dalam ruangan tersebut yang didinginkan oleh evapororator sehingga jika ruangan tersebut kotor maka sudah dipastikan kita akan menghirup udara kotor, jika ruangan tersebut terinfeksi virus maka kita akan menghirupnya juga, oleh karena itu didalam sebuah perangkat Air Conditioner terdapat filter udara yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang berputar bersamaan dengan sirkulasi udara dalam ruangan tersebut.

Itulah pentingnya kita harus selalu merawat AC dengan cara-cara mudah seperti : membersihkan sendiri filter udara anda dalam satu minggu sekali dan men-service ac anda kepada Perusahaan Penyedia Jasa layanan Service AC setiap tiga (3) bulan sekali dalam kondisi apapun, yang artinya dalam kondisi masih dingin ataupun memang sudah panas, karena biasanya ketika sedang musim hujan kita selalu melupakan rutinitas service ac ini, karena masih dingin, tetapi ingat apakah anda yakin tidak ada kotoran yang mengandung virus pada evaporator AC anda contohnya Flu, mudah sakit, sering bersin dan lain sebagainya. jika anda tidak yakin bersegeralah service ac anda, mintalah kartu service kepada Perusahaan tempat Penyedia Layanan Jasa Service AC anda untuk mengingatkan schedule service dan record perbaikan AC anda.

Kami Berdaya Tehnik sebagai perusahaan AC menyediakan pemasangan AC baru maupun AC bekas, dari mulai merek Daikin, Sharp, Panasonic, Samsung, Fujitsu, LG dll. Selain pemasangan AC baru kami juga telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun di bidang tehnik AC misal perawatan AC berkala, service AC berat ataupun service AC ringan , memperbaiki AC, AC kurang dingin, AC bocor dan masalah-masalah lainya yang berkaitan dengan sistem pendingin ruangan. Kami siap menjadi solusi masalah AC anda di rumah.

Untuk informasi pemasangan, service AC dan keterangan lebih lanjut anda dapat menghubungi nomor customer service (CS) kami via :

Telp/WA : 0812 1029 0144 / 0817 0018 679
Email      : alfatih.prince21@gmail.com
Pin BB        : 5f5ec3c0


Tidak ada komentar:

Posting Komentar