Jasa Pasang AC Jogja Professional | Berdaya Tehnik


Siapa yang tidak mengenal AC atau Air Conditioner ? Bisa dibilang AC telah menjadi "kebutuhan primer" bagi gaya hidup modern sekarang ini. Setiap keluarga terlebih bagi yang hidup di perumahan real estate hampir dipastikan mempunyai minimal 1 buah AC di rumahnya. Sebagai "mesin" yang bekerja memberi kenyamanan bagi penghuninya, tentu sebuah AC dituntut untuk selalu bekerja secara prima dan optimal. Pada umumnya alat-alat elektronik rumah tangga seperti TV, Home Theater, setrika, kulkas, dispenser, mesin cuci dan lain sebagainya cenderung terbebas dari perawatan rutin dan hanya dilakukan service jika terdapat kerusakan.Akan tetapi tahukah anda bahwa AC memerlukan perawatan berkala walau tidak rusak dan jika tidak pernah dilakukan perawatan malah bisa lebih cepat rusak ?

Cara kerja AC

Secara prinsip, cara kinerja AC hampir mirip dengan seluruh jenis mesin pendingin baik itu chiller, kulkas, freezer dan lain sebagainya. Pada umumnya jenis AC yang terbanyak digunakan yaitu tipe split dimana terdapat unit indoor yang terpasang di dalam ruangan dan unit outdoor yang terletak di luar ruangan. Cara kerja AC yaitu semisal alat penukar panas (Heat Exchanger) dengan memakai prinsip termodinamika. Yaitu siklus kinerja secara sederhana, udara ruangan yang ingin didinginkan tersirkulasi lewat kisi-kisi evaporator pada unit indoor. Udara yang dihisap akan mengalami pendinginan oleh evaporator yang kemudian dihembuskan lagi oleh AC dengan temperature udara yang lebih rendah dibandingkan pada saat dihisap masuk.

Media atau fluida pendinginnya (refrigerant) sering dikenal secara umum sebagai Freon (kenyataanya Freon tersebut merupakan brand atau merk dagang dari fluida refrigerant buatan Du Pont). Sirkulasi Freon terjadi antara unit indoor dan unit outdoor dengan memakai dua buah pipa tembaga. Suhu panas dari udara yang "ditarik" oleh Freon di evaporator akan mengubah fase cair Freon menjadi fase uap (vapor) yang selanjutnya dikompresi oleh kompresor pada unit outdoor.

Kompresi tersebut akan membuat Freon menjadi lebih panas dan memiliki tekanan tinggi. Suhu panas pada Freon tekanan tinggi ini kemudian akan "dibuang" melalui pipa condenser dengan memakai hembusan angin kipas outdoor. Tekanan tinggi pada Freon inilah yang berguna ketika diekspansi secara tiba-tiba dengan menggunakan pipa kapiler atau dengan expansion valve. Ketika Freon di-ekspansi, tekanan akan turun dan fasa Freon pun akan berganti menjadi campuran cairan-vapor yang bersuhu dingin. Freon yang telah dingin inilah yang kemudian mengalir kembali ke unit indoor.

Kenapa AC perlu di rawat secara rutin walaupun tidak rusak ?


Udara yang dihisap oleh unit indoor pastinya bukan udara yang bersih. Kotoran atau debu-debu yang ada di udara akan difilter oleh filter udara yang terletak di depan kisi-kisi evaporator. Lama kelamaan debu tersebut akan menumpuk di filter udara dan beberapa debu akan tetap lolos menuju evaporator.
Debu yang menempel di filter dan evaporator akan menghambat aliran sirkulasi udara yang akan masuk ke evaporator, hal ini akan mengakibatkan proses pergantian suhu panas antara udara dan Freon dingin tidak optimal. Efek yang akan dirasakan secara langsung adalah AC tidak terasa dingin. Selain itu dengan berjalannya waktu, jamur dan lumut akan mulai tumbuh karena kondisi evaporator yang selalu lembab serta bau yang tidak enak akan muncul.

Hal yang semisal juga akan terjadi pada unit outdoor. Kisi-kisi condenser outdoor yang kotor (letak outdoor yang berada di luar rumah cenderung lebih mudah berdebu) akan menyebabkan pelepasan panas Freon yang telah di kompresi tidak optimal. Hal ini menjadikan kinerja kompresor lebih lambat (konsumsi arus listrik akan naik dan menjadikan boros listrik) yang dapat membuat kompresor menjadi overheat. Pada akhirnya life time dari kompresor akan berkurang dan menjadi lebih cepat rusak.
Secanggih apapun AC yang dimiliki hal tersebut tidak mungkin bisa dihindari. Untuk itulah secara rutin AC harus di service atau dicuci dengan tujuan untuk membersihkan filter dan evaporator indoor serta kisi-kisi condenser outdoor. Kadang kala Freon juga dapat berkurang akibat adanya resapan yang sangat halus dari sambungan koneksi ferrule pipa tembaga sehingga perlu di lakukan penambahan agar performa dari AC tetap dingin, stabil dan sempurna.

Selamat menikmati udara sejuk yang sehat terbebas dari virus, bakteri dan debu dengan selalu melakukan service Ac anda tiga bulan sekali atau dua bulan sekali.

Jika hendak memasang AC yang sudah anda beli, alangkah baiknya menggunakan jasa yang profesional dan memang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Agar dalam pemasangan bisa bagus dan sesuai sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan di kemudian hari.

Kami Berdaya Tehnik sebagai perusahaan AC menyediakan pemasangan AC baru, dari mulai merek Daikin, Sharp, Panasonic, Samsung, Fujitsu, LG dll. Selain pemasangan AC baru kami juga telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun di bidang tehnik AC misal perawatan AC berkala, service AC, memperbaiki AC, AC kurang dingin, AC bocor dan masalah-masalah lainya yang berkaitan dengan sistem pendingin ruangan. Kami siap menjadi solusi masalah AC anda di rumah.

Untuk menggunakan jasa kami silahkan hubungi nomer di bawah ini, kami akan mengirim teknisi yang akan datang ke tempat Anda :
Handphone / SMS : 0812 1029 0144
WhatsAap (only) : 0877 7165 7946
BlackBerry Messenger : 57468909
Email : alfatih.prince21@gmail.com

Tag.
jasa pasang ac jogja
service ac di jogja 
service ac rumah jogja
teknisi ac jogja
cuci ac jogja
tukang service ac jogja

2 komentar: